“Darsana Keesaan”


Penulis : IDA AYU PRADNYAMITA
ISBN : 978-623-92502-0-1
Tahun : 2019
Konten : 609 halaman (total)
Ukuran : A5, kertas HVS
Sampul : Soft-Cover
Penerbit : MahaMeru Bali
Harga : Rp. 220.000

Esensi Inti Spiritual Hindu, Yoga & Meditasi

Dikemas dalam satu buku Darsana Keesaan

Buku Darsana Keesaan memuat penyelidikan menyeluruh terhadap ideologi agama Hindu universal yang mendasari praktik meditasi dan yoga sebagai sarana menuju pencapaian keadaan kesadaran yang diperluas, bahwa kesadaran adalah realitas fundamental yang menjadi dasar semua ciptaan. Satu-satunya perbedaan antara materi, energi dan kesadaran dualistik adalah pada masing-masing tingkatannya.

Apa yang penulis coba utarakan dalam buku ini adalah suatu model perilaku kesadaran non-reduksionisme sebagai hal-hal dasar dari kosmos untuk menjelaskan sebanyak mungkin aspek dari kondisi kesadaran serta prinsip-prinsip yang mendasari dunia fisik terjadi sebagai konsekuensi yang perlu dari karakteristik alam kesadaran batin.

Dengan demikian, model yang penulis sampaikan tentu akan menjembatani disiplin ilmu psikologi, sain modern, ajaran Hindu serta filsafat yoga. Kedalamanan pengetahuan yang terkandung di dalam buku ini menyediakan teknik-teknik yang dicakup dalam Veda Hindu kuno seperti Tantra, Mantra, Yadnya, Refleksi Diri , Meditasi dan berbagai jenis Yoga yang telah diturunkan selama berabad-abad dari guru ke murid.

Buku Darsana Keesaan ini adalah upaya penulis untuk menjaga tradisi yang berharga agar tetap hidup dan untuk menyebarkan pesan spiritual lebih jauh ke dalam batin pembaca. Penulis berusaha untuk menyajikan sintesis dari berbagai jalur mencapai kesadaran dalam cara yang ilmiah dan sistematis untuk memastikan perkembangan yang harmonis dari setiap aspek yoga. Melalui latihan, buku ini juga untuk mengembangkan kesehatan tubuh, ketenangan pikiran dan stabilitas mental, kejernihan intelektual dan pengetahuan kesadaran spiritual yang lebih mendalam.

Penulis juga mencoba menyajikan buku ini sedemikian rupa untuk menjelaskan wawasan secara bertahap dan progresif melalui praktik-praktik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Integrasi teori dan praktik adalah cara mengembangkan pandangan baru yang lebih sederhana tentang kehidupan yang tampaknya komplek. Setiap orang adalah unit yang terdiri dari Kesadaran Tubuh, Pikiran dan Jiwa. Sebagian besar sistem evolusi menangani salah satu aspek ini dan mengabaikan atau menolak aspek lainnya.

Dengan pemikiran inilah penulis dalam buku ini mencoba sebagai suatu pendekatan integral untuk kehidupan alami seseorang yang memungkinkan melakukan perjalanan transendental batin menuju persatuan yang harmonis antara Jiwa Individu dan Jiwa Universal (Tuhan) untuk mencapai Realisasi Diri.