Panduan Hasta Yoga Mudra


Donasi Konten PDF – 12 bulan

Rp 100.000,00
Donasi

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik Disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran.

Mempraktikkan Yoga Mudra

Yang harus kita lakukan adalah menempatkan tangan dan jari ke dalam formasi yang benar. Misalnya, untuk membuat Karana Mudra cukup merentangkan jari kelima dan kedua kita dan menggulung jari-jari kita yang tersisa ke dalam sehingga ibu jari menyentuh jari ketiga.

Tips dalam Praktik :

  1. Ketika mempraktikkan yoga mudra [lihat daftar mudra yang ada di bawah] kita seharusnya hanya memiliki tekanan minimal di jari-jari dan tangan harus merasa rileks dan tanpa ketegangan. Terkadang ini mungkin sebuah tantangan. Beberapa mudra cukup kompleks. Misalnya, mudra Shakti mengharuskan membuat kepalan sambil mengulurkan jari keempat ke atas dan jari kelima ke luar. Mudra Shakti cocol untuk para praktisi muda, merupakan tantangan bagi orang tua dan terutama bagi orang-orang dengan radang sendi. Tapi syukurlah, tidak semua mudra serumit Shakti mudra.
  2. Kita mungkin memperhatikan bahwa berjuang untuk membuat mudra tertentu. Mungkin dapat melakukan mudra dengan satu tangan tetapi tidak dengan yang lain, atau kita perlu menggunakan satu tangan untuk mendukung yang lain sebelum kita dapat melakukan mudra. Dalam hal itu, lakukan saja apa yang perlu dilakukan untuk melakukan mudra dengan nyaman. Jika kita hanya dapat membuat mudra dengan satu tangan saat menggunakan yang lain untuk mendukung, itu baik-baik saja.
  3. Semakin kita berlatih mudra semakin nyaman kita bersama mereka dan semakin sedikit rasa sakit yang kita miliki di bagian-bagian tubuh kita yang sesuai.
  4. Tetapi perlu diingat, mudra tidak perlu dilakukan dengan sempurna untuk memiliki efek. Lakukan yang terbaik, dan percayalah bahwa semakin banyak berlatih semakin mudah.
  5. Kita dapat melakukan mudra di salah satu posisi meditasi. Berbaring, duduk, berdiri, semuanya baik-baik saja. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah ketika mudra melibatkan posisi tubuh tertentu.
  6. Seperti meditasi, ketika kita berlatih mudra disarankan memiliki postur yang baik. Pastikan tulang belakang berada dalam posisi yang lurus dan seluruh tubuh relaks tanpa ketegangan (kecuali untuk beberapa mudra yoga tertentu, seperti Maha mudra di atas, yang dengan sengaja menggunakan ketegangan di dalam tubuh).
  7. Relaksasi penting untuk aliran energi ke seluruh tubuh, apakah itu energi Kundalini, prana, chi, atau jenis energi lainnya, semakin santai, semakin baik energi akan mengalir.
  8. Kita mungkin juga ingin menggunakan pranayama (pernapasan berirama yang digunakan dalam Yoga) untuk mendapatkan lebih banyak ke dalam mudra.

Ketika menggunakan mudra tangan / hasta, dapat bermeditasi di salah satu dari berbagai jenis meditasi. Atau mungkin memilih untuk memikirkan sesuatu.

Tidak seperti dalam meditasi, ketika berlatih yoga mudra, dapat memikirkan hal lain jika mau. Namun, untuk efek terbaik sebaiknya bermeditasi. Pilihan sepenuhnya milik praktisi. Memikirkan sesuatu tidak akan mencegah mudra bekerja.

Jika bermeditasi, jenis meditasi terbaik untuk digunakan adalah meditasi pernapasan dasar. Waspadai pranayama, aliran ritme napas ke seluruh tubuh. Dan untuk efek terbaik dengan banyak mudra akan ingin mengadopsi posisi tertentu sambil memvisualisasikan hal tertentu saat menggunakan mudra. Kombinasi lengkap dari elemen-elemen ini dapat menyebabkan perubahan besar dalam pikiran dan tubuh.

Di Mana Dan Kapan Berlatih Mudra

Ini sepenuhnya terserah praktisi kapan dan di mana berlatih mudra. Pastikan santai dan fokus.  Beberapa waktu terbaik untuk menggunakan mudra adalah di pagi hari, saat istirahat makan siang, setelah bekerja, dan sebelum tidur. Seperti yang disebutkan, sepenuhnya terserah praktisi ketika berlatih mudra. Cobalah untuk santai dan fokus. Jika benar-benar menginginkan pengalaman transformasional yang mendalam, pergilah ke tempat alam yang santai dan indah dan cobalah berlatih mudra di sana. Kita akan lebih menyukainya.

Diperlukan periode waktu agar yoga mudra menjadi efektif.

Untuk seorang pemula, perlu menggunakan mudra selama setidaknya sepuluh menit sebelum mempengaruhi pikiran. Jika beralih dari satu mudra ke mudra berikutnya tidak akan mengalami efek mental yang baik, seoranga hanya akan mendapatkan kesan samar dari satu keadaan, dan kemudian yang lain dan seterusnya. Adalah jauh lebih baik untuk tetap dengan satu mudra dan benar-benar masuk ke dalam mudra itu sehingga dapat mengalaminya sepenuhnya.

Pilih satu mudra dan pertahankan setidaknya selama sepuluh menit sebelum melanjutkan.

Ketika kita menggunakan mudra, akan mengubah kondisi mental. Setiap perubahan pikiran membawa perubahan. Tetapi akan membutuhkan waktu untuk benar-benar mengalami perubahan itu. Jadi, ketika memulai, biarkan beberapa jam di antara mudra yang berbeda.

Kinesiologist Kim da Silva, seorang ahli mudra merekomendasikan agar memilih berapa lama kita akan memegang mudra sebelum mulai. Ini membantu untuk menghentikan gangguan. Jika  tidak menetapkan waktu, akan tidak kondusif untuk kondisi mental yang tinggi.

Beberapa mudra digunakan untuk kondisi kesehatan. Misalnya, mudra Lingga dapat digunakan untuk komplikasi paru-paru. Mudra seperti ini seharusnya hanya digunakan selama diperlukan.Ketika menyelesaikan mudra, mungkin ingin diam dan diam selama sepuluh menit dan bermeditasi pada napas. Ini adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan sesi mudra.

Mudra Yoga Melalui dengan Pernapasan, Afirmasi Dan Visualisasi

Memegang posisi tangan yang sebenarnya dari mudra adalah fondasi dasar dari pengalaman. Jika ingin meningkatkan pengalaman dapat dilakukan dengan disertai menggunakan visualisasi, afirmasi dan teknik pernapasan.

Yang pertama dan paling penting dari peningkatan ini adalah nafas atau pranayama.

Inilah yang perlu untuk ketahui:

  1. Kita harus memastikan bahwa memiliki postur yang baik kapan saja menggunakan mudra. Tulang belakang harus sejajar dan lengan, rileks sekitar sisi tubuh.
  2. Sebelum memulai sesi mudra, pastikan untuk bernapas dalam-dalam (diafragma). Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan meditasi pernapasan selama beberapa menit.
  3. Jika menggunakan mudra untuk relaksasi, bernafas dalam-dalam dengan cara yang lambat dan santai.
  4. Jika menggunakan mudra untuk menghasilkan energi atau untuk menyegarkan diri, tarik napas lebih keras.
  5. Secara keseluruhan, pernapasan harus mengalir, berenergi, dalam dan lambat.
  6. Ketika menarik napas, bisa memberikan sedikit tekanan lebih pada tangan dan jari.
  7. Saat mengeluarkan napas, rilekskan tangan dan jari (sambil tetap mempertahankan mudra).
  8. Serta dapat menambahkan visualisasi dan afirmasi untuk mudra. Visualisasi dan penegasan yang tepat akan tergantung pada mudra yang digunakan.

Ada banyak cara lain untuk meningkatkan praktik mudra. Pada dasarnya, cara apa pun yang dapat dilakukan untuk memengaruhi suasana hati juga dapat digunakan untuk meningkatkan praktik meditasi. Misalnya dengan sambil mendengarkan musik yang menenangkan guna membangkitkan semangat.


Buku Spiritual Darsana Keesaan
Ulasan Lebih Detail Dimuat Pada Buku

"DARSANA KEESAAN"

Detail Buku


Berbagi adalah wujud Karma positif

Berbagi pengetahuan tidak akan membuat kekurangan

Life Sloka