Panduan Hasta Yoga Mudra


Mudra adalah istilah bahasa Sansekerta kuno yang berarti “gerakan.” Kita menggunakan mudra dalam yoga untuk menumbuhkan kesadaran yang lebih besar terhadap medan energi tertentu dalam tubuh halus. Mudra Hindu dan yoga telah populer di Timur selama lebih dari 4000 tahun. Tetapi mereka masih relatif tidak dikenal. Dalam panduan ini, akan mengungkapkan sepenuhnya semua yang perlu di ketahui tentang gerakan tangan dan posisi tubuh spiritual dari mudra ini.

Tujuan pada artikel dengan panduan ini adalah untuk menyajikan panduan utama dan daftar mudra tangan (hasta mudra), termasuk mudra Hindu, mudra yoga dan mudra Buddha.

Apa itu mudra?

Mudra yoga yang dilakukan dengan tangan (hasta) sebagian besar digunakan dalam Hatha Yoga. Mudra adalah gerakan simbolik yang melibatkan berbagai bagian tubuh. Misalnya, ada mudra yang melibatkan mata, tubuh, organ pernapasan dan tentu saja ada mudra yang menggunakan tangan dan jari.

Mudra yang berbeda melambangkan kondisi pikiran yang berbeda. Sebagai contoh, mudra Abhaya, yang akan kita lihat nanti, melambangkan keberanian. Mudra Gyan, sementara itu, membawa kedamaian dan ketenangan. Untuk semua kondisi mental ada mudra yang sesuai.

Beberapa mudra, seperti mudra meditasi, melambangkan kondisi pikiran. Tetapi tidak hanya mudra meditasi yang melambangkan kondisi pikiran, mereka juga membantu mengakses kondisi pikiran tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Gerakan Tangan Yoga?

Mudra adalah cara untuk menggunakan posisi tubuh dan sebagian besar posisi tangan untuk penyembuhan. Yoga mudra mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak dan tubuh dengan cara yang mirip dengan refleksiologi. Kita bisa belajar banyak tentang penggunaan mudra yoga dengan mempertimbangkan grafik refleksologi tangan.

refleksi tangan

Ketika kita menggunakan mudra tangan. atau “Hasta”, kita mengaktifkan tangan dan jari memengaruhi bagian tubuh yang berkorelasi, seperti yang ditunjukkan pada bagan di atas.

Namun, beberapa mudra yoga tidak hanya menggunakan tangan tetapi juga bagian tubuh yang lain.Maha-mudra misalnya, adalah mudra seluruh tubuh dilakukan dengan meregangkan tulang belakang dan meraih pegangan dari satu kaki. Mudra dalam yoga yang menggunakan tubuh memanfaatkan psikologi komunikasi nonverbal (bahasa tubuh).

Berkat ilmu pengetahuan kita tahu bahwa cara kita memegang tubuh memiliki efek langsung pada keadaan pikiran kita. Misalnya, ketika kita mencoba melihat ke dalam diri kita untuk memasuki intuisi, kita secara alami akan menggerakkan mata lebih dekat, menjadi semi-silang dan menatap ke atas di antara kedua alis. Kita akan melakukan ini secara alami dan tidak sadar. Tetapi posisi yang persis sama ini, dengan mata sedikit bersilang dan menatap ke atas di antara kedua alis, kebetulan adalah posisi yang sama persis dengan yang digunakan dalam Shambhavi mudra, “Gesture Pengeropokan Alis Mata” yang, bukan karena kebetulan, digunakan untuk wawasan dan intuisi.

Jika kita peka dalam melakukan salah satu dari mudra tangan (ada 60 daftar mudra di bawah) selama beberapa menit, kita akan merasakan perbedaan dalam kondisi mental.

Ini memberitahu kita bahwa mudra adalah gerakan bahasa tubuh yang alami. Karena itu, ketika kita mempraktikkan mudra yoga atau mudra meditasi, kita dengan sengaja menempatkan tubuh kita dalam gerakan yang secara tidak sadar telah kita buat sepanjang hidup kita .

Biasanya, kondisi mental kita mengubah cara kita memegang tubuh. Jika kita bersikap baik dan murah hati, kita akan mengulurkan tangan kita ke atas seolah-olah menawarkan sesuatu. Ini adalah bahasa tubuh yang kita lakukan secara tidak sadar ketika kita merasa baik dan murah hati.

Bagaimana jika kita secara sadar mengangkat tangan dengan telapak tangan ke atas? Kemudian kita akan menghasilkan kondisi mental kebaikan dan kedermawanan.

Pikiran menciptakan mudra. Mudra mempengaruhi pikiran.

Banyak budaya percaya bahwa alam semesta terdiri dari unsur-unsur yang berbeda, misalnya, berbagi unsur universal yang sama, bumi, udara, api, dan air, dan beberapa budaya, seperti Budha dan Hindu, juga mengenali ruang (eter).

Semakin baik kita mengatur elemen-elemen mendasar dalam tubuh, kita akan semakin sehat.

  • Bumi: Bumi, atau Bhumi, merujuk pada hal-hal yang solid, yang mencakup tubuh Anda sendiri.
  • Udara: Udara disebut Pavan dalam bahasa Sansekerta dan berhubungan dengan napas.
  • Api: Api (Agni) memberikan kehangatan dan bisa merujuk pada panas tubuh dan kehangatan yang disediakan oleh nafas.
  • Air: (Jala) adalah salah satu elemen terpenting untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup. Semua cairan dalam tubuh berada di bawah elemen ini.
  • Ruang: (Ether / Aakasha) adalah elemen yang menyatukan yang lain.

Ketika elemen-elemen ini seimbang dan selaras dalam tubuh, kita akan sehat. Dan ketika elemen-elemen ini tidak seimbang kita mungkin menderita penyakit, baik mental maupun fisik.

Mudra tangan berhubungan dengan unsur-unsur ini dengan cara tertentu

  • Mudra yang berhubungan dengan elemen Bumi akan mencakup jari manis
  • Mudra yang berhubungan dengan Air akan mencakup jari telunjuk
  • Mudra yang berhubungan dengan Api akan mencakup ibu jari
  • Mudra yang berhubungan dengan Air akan mencakup jari kelingking
  • Mudra untuk Eter akan menggunakan jari tengah.

Mempraktikkan Yoga Mudra

Yang harus kita lakukan adalah menempatkan tangan dan jari ke dalam formasi yang benar. Misalnya, untuk membuat Karana Mudra cukup merentangkan jari kelima dan kedua kita dan menggulung jari-jari kita yang tersisa ke dalam sehingga ibu jari menyentuh jari ketiga.

Tips dalam Praktik :

  1. Ketika mempraktikkan yoga mudra [lihat daftar mudra yang ada di bawah] kita seharusnya hanya memiliki tekanan minimal di jari-jari dan tangan harus merasa rileks dan tanpa ketegangan. Terkadang ini mungkin sebuah tantangan. Beberapa mudra cukup kompleks. Misalnya, mudra Shakti mengharuskan membuat kepalan sambil mengulurkan jari keempat ke atas dan jari kelima ke luar. Mudra Shakti cocol untuk para praktisi muda, merupakan tantangan bagi orang tua dan terutama bagi orang-orang dengan radang sendi. Tapi syukurlah, tidak semua mudra serumit Shakti mudra.
  2. Kita mungkin memperhatikan bahwa berjuang untuk membuat mudra tertentu. Mungkin dapat melakukan mudra dengan satu tangan tetapi tidak dengan yang lain, atau kita perlu menggunakan satu tangan untuk mendukung yang lain sebelum kita dapat melakukan mudra. Dalam hal itu, lakukan saja apa yang perlu dilakukan untuk melakukan mudra dengan nyaman. Jika kita hanya dapat membuat mudra dengan satu tangan saat menggunakan yang lain untuk mendukung, itu baik-baik saja.
  3. Semakin kita berlatih mudra semakin nyaman kita bersama mereka dan semakin sedikit rasa sakit yang kita miliki di bagian-bagian tubuh kita yang sesuai.
  4. Tetapi perlu diingat, mudra tidak perlu dilakukan dengan sempurna untuk memiliki efek. Lakukan yang terbaik, dan percayalah bahwa semakin banyak berlatih semakin mudah.
  5. Kita dapat melakukan mudra di salah satu posisi meditasi. Berbaring, duduk, berdiri, semuanya baik-baik saja. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah ketika mudra melibatkan posisi tubuh tertentu.
  6. Seperti meditasi, ketika kita berlatih mudra disarankan memiliki postur yang baik. Pastikan tulang belakang berada dalam posisi yang lurus dan seluruh tubuh relaks tanpa ketegangan (kecuali untuk beberapa mudra yoga tertentu, seperti Maha mudra di atas, yang dengan sengaja menggunakan ketegangan di dalam tubuh).
  7. Relaksasi penting untuk aliran energi ke seluruh tubuh, apakah itu energi Kundalini, prana, chi, atau jenis energi lainnya, semakin santai, semakin baik energi akan mengalir.
  8. Kita mungkin juga ingin menggunakan pranayama (pernapasan berirama yang digunakan dalam Yoga) untuk mendapatkan lebih banyak ke dalam mudra.

Ketika menggunakan mudra tangan / hasta, dapat bermeditasi di salah satu dari berbagai jenis meditasi. Atau mungkin memilih untuk memikirkan sesuatu.

Tidak seperti dalam meditasi, ketika berlatih yoga mudra, dapat memikirkan hal lain jika mau. Namun, untuk efek terbaik sebaiknya bermeditasi. Pilihan sepenuhnya milik praktisi. Memikirkan sesuatu tidak akan mencegah mudra bekerja.

Jika bermeditasi, jenis meditasi terbaik untuk digunakan adalah meditasi pernapasan dasar. Waspadai pranayama, aliran ritme napas ke seluruh tubuh. Dan untuk efek terbaik dengan banyak mudra akan ingin mengadopsi posisi tertentu sambil memvisualisasikan hal tertentu saat menggunakan mudra. Kombinasi lengkap dari elemen-elemen ini dapat menyebabkan perubahan besar dalam pikiran dan tubuh.

Di Mana Dan Kapan Berlatih Mudra

Ini sepenuhnya terserah praktisi kapan dan di mana berlatih mudra. Pastikan santai dan fokus.  Beberapa waktu terbaik untuk menggunakan mudra adalah di pagi hari, saat istirahat makan siang, setelah bekerja, dan sebelum tidur. Seperti yang disebutkan, sepenuhnya terserah praktisi ketika berlatih mudra. Cobalah untuk santai dan fokus. Jika benar-benar menginginkan pengalaman transformasional yang mendalam, pergilah ke tempat alam yang santai dan indah dan cobalah berlatih mudra di sana. Kita akan lebih menyukainya.

Diperlukan periode waktu agar yoga mudra menjadi efektif.

Untuk seorang pemula, perlu menggunakan mudra selama setidaknya sepuluh menit sebelum mempengaruhi pikiran. Jika beralih dari satu mudra ke mudra berikutnya tidak akan mengalami efek mental yang baik, seoranga hanya akan mendapatkan kesan samar dari satu keadaan, dan kemudian yang lain dan seterusnya. Adalah jauh lebih baik untuk tetap dengan satu mudra dan benar-benar masuk ke dalam mudra itu sehingga dapat mengalaminya sepenuhnya.

Pilih satu mudra dan pertahankan setidaknya selama sepuluh menit sebelum melanjutkan.

Ketika kita menggunakan mudra, akan mengubah kondisi mental. Setiap perubahan pikiran membawa perubahan. Tetapi akan membutuhkan waktu untuk benar-benar mengalami perubahan itu. Jadi, ketika memulai, biarkan beberapa jam di antara mudra yang berbeda.

Kinesiologist Kim da Silva, seorang ahli mudra merekomendasikan agar memilih berapa lama kita akan memegang mudra sebelum mulai. Ini membantu untuk menghentikan gangguan. Jika  tidak menetapkan waktu, akan tidak kondusif untuk kondisi mental yang tinggi.

Beberapa mudra digunakan untuk kondisi kesehatan. Misalnya, mudra Lingga dapat digunakan untuk komplikasi paru-paru. Mudra seperti ini seharusnya hanya digunakan selama diperlukan.Ketika menyelesaikan mudra, mungkin ingin diam dan diam selama sepuluh menit dan bermeditasi pada napas. Ini adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan sesi mudra.

Mudra Yoga Melalui dengan Pernapasan, Afirmasi Dan Visualisasi

Memegang posisi tangan yang sebenarnya dari mudra adalah fondasi dasar dari pengalaman. Jika ingin meningkatkan pengalaman dapat dilakukan dengan disertai menggunakan visualisasi, afirmasi dan teknik pernapasan.

Yang pertama dan paling penting dari peningkatan ini adalah nafas atau pranayama.

Inilah yang perlu untuk ketahui:

  1. Kita harus memastikan bahwa memiliki postur yang baik kapan saja menggunakan mudra. Tulang belakang harus sejajar dan lengan, rileks sekitar sisi tubuh.
  2. Sebelum memulai sesi mudra, pastikan untuk bernapas dalam-dalam (diafragma). Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan meditasi pernapasan selama beberapa menit.
  3. Jika menggunakan mudra untuk relaksasi, bernafas dalam-dalam dengan cara yang lambat dan santai.
  4. Jika menggunakan mudra untuk menghasilkan energi atau untuk menyegarkan diri, tarik napas lebih keras.
  5. Secara keseluruhan, pernapasan harus mengalir, berenergi, dalam dan lambat.
  6. Ketika menarik napas, bisa memberikan sedikit tekanan lebih pada tangan dan jari.
  7. Saat mengeluarkan napas, rilekskan tangan dan jari (sambil tetap mempertahankan mudra).
  8. Serta dapat menambahkan visualisasi dan afirmasi untuk mudra. Visualisasi dan penegasan yang tepat akan tergantung pada mudra yang digunakan.

Ada banyak cara lain untuk meningkatkan praktik mudra. Pada dasarnya, cara apa pun yang dapat dilakukan untuk memengaruhi suasana hati juga dapat digunakan untuk meningkatkan praktik meditasi. Misalnya dengan sambil mendengarkan musik yang menenangkan guna membangkitkan semangat.


Jenis-Jenis Mudra dalam Yoga

Perlu dicatat bahwa mudra “tidak” digunakan kusus untuk menyembuhkan. Jika seorang menderita masalah kesehatan tidak harus melihat mudra sebagai jawaban untuk semua masalah itu. Sebaliknya mudra hanya sebagai dukungan tambahan. Sistem kesehatan terbaik adalah yang holistik seperti Ayurveda, yang mencakup mudra bersama diet dan olahraga.

Ketika menggunakan mudra untuk masalah kesehatan tertentu, biasanya akan menggunakan satu mudra spesifik setiap hari selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan. sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi mudra untuk menyembuhkan masalah tersebut.

  1. Ashwini (Kuda) Mudra: Membantu kesehatan seksual.
  2. Gyan Mudra. Gyan Mudra dilakukan dengan menyentuh ujung jari telunjuk ke ujung tumbal dan membiarkan tiga jari lainnya tetap lurus. Gyan mudra meningkatkan pengetahuan dan cara menggunakan pengetahuan itu. Ujung jempol berhubungan dengan energi kelenjar endokrin dan hipofisis. Dengan menggunakan mudra ini selama sepuluh menit akan mengaktifkan kelenjar ini. Ini meningkatkan daya ingat dan membantu meningkatkan otak. Ini meningkatkan perhatian dan dapat menyembuhkan insomnia. Ini juga membantu untuk kecemasan dan depresi.
  3. Prithvi Mudra. Dilakukan dengan menyentuh ujung jari manis ke ujung ibu jari, dengan jari lainnya menunjuk lurus ke luar. Prithvi Mudra membantu menyembuhkan masalah kerangka otot dan juga membantu meningkatkan berat badan serta mengurangi masalah kulit.
  4. Varuna Mudra – Mudra Air. Dilakukan dengan menyentuh ujung jari kelingking ke ujung ibu jari dengan tiga jari yang tersisa dijulurkan lurus.
  5. Mudra Varuna / Air menyeimbangkan air dan membantu mencegah dehidrasi. Ini bermanfaat untuk menyeimbangkan aliran darah dan juga membantu penyusutan otot dan gastroenteritis.
  6. Vayu Mudra – Mudra Udara. Dilakukan dengan menempatkan jari telunjuk di bawah ibu jari sehingga ujung jari telunjuk menyentuh pangkal ibu jari. Pegang jari lainnya dengan lurus. Mudra ini menyeimbangkan elemen udara dan membantu meredakan radang sendi, asam urat, rematik, penyakit Parkinson dan kelumpuhan.
  7. Surabhi mudra: Membantu energi mengalir melalui tubuh.
  8. Shunya Mudra – Mudra kekosongan. Dilakukan dengan menempatkan jari ketiga di bawah ibu jari, ujung jari ketiga menyentuh pangkal ibu jari. Jari-jari lainnya dipegang dengan lurus. Mudra ini membantu mempertajam pikiran Anda dan juga dapat membersihkan infeksi telinga. Ini paling baik dilakukan selama 40 – 60 menit sekaligus.
  9. Surya Mudra – Mudra Matahari. Dilakukan dengan menempatkan jari keempat di bawah ibu jari sehingga ujung jari keempat menyentuh pangkal ibu jari. Jari-jari lainnya terulur lurus. Ini paling baik dilakukan selama 10 -15 menit. Ini membantu dengan penurunan berat badan dan juga mengurangi kecemasan.
  10. Prana Mudra – Mudra Kehidupan. Dilakukan dengan menekan ujung jari manis dan jari kelingking ke ujung ibu jari. Jari-jari yang tersisa diulurkan lurus. Mudra ini meningkatkan kekuatan dan mobilitas, membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah dan membantu membuat seorang aktif. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penglihatan.
  11. Apana Mudra. Dilakukan dengan menekan ujung jari manis dan jari tengah ke ujung ibu jari. Jari-jari lainnya terulur lurus. Mudan Apana adalah mudra terbaik untuk membantu pencernaan. Berlatihlah selama 45 menit sehari dan itu akan membantu mengatur gula darah, meredakan sembelit, gastroenteritis, dan IBS.
  12. Apana Vayu Mudra –  Mudra Hati. Dilakukan dengan menekan ujung cincin jari keempat ke ujung ibu jari dan melengkungkan jari telunjuk untuk menekan pangkal ibu jari sementara jari kelingking direntangkan. Latih mudra ini selama sepuluh menit setiap kalinya dan itu akan membantu kesejahteraan hati. Ini mengatur jantung berdebar dan membantu pencernaan.
  13. Linga Mudra- Mudra Panas. Untuk melakukan Lingga mudra, jari kedua tangan saling mengikat. Sekarang pegang ibu jari tangan kiri lurus ke atas dan bungkus jari telunjuk dan ibu jari tangan kanan di sekitarnya. Berlatih selama sepuluh menit akan menghasilkan panas dalam tubuh dan akan membantu paru-paru dan menghilangkan dahak. Ini dapat membantu menyembuhkan pilek dan demam dan sangat membantu dengan infeksi bronkial.

Mudra Yoga dengan Tangan

Mudra Yoga dengan tangan

Manfaat Yoga Mudra

  1. Vajroli (Petir) : Memberi energi pada organ seksual.
  2. Tse: Menghentikan kesedihan dan depresi dan meningkatkan wawasan dan intuisi. Ini adalah salah satu yang terbaik untuk pikiran Anda.
  3. Ganesha: Memperkuat hati. Buka tabung bronkial. Buka chakra keempat. Mempromosikan keberanian, kepercayaan diri, dan keterbukaan terhadap orang lain.
  4. Usha: Membantu Anda bangun di pagi hari dan memberikan energi.
  5. Pushan: Membantu pencernaan. Meningkatkan oksigen dan mengurangi karbon dioksida. Didetoksifikasi.
  6. Bronkial: Memperkuat pernapasan dan membantu masalah pernapasan.
  7. Asthma: Membantu asma dan kesulitan bernafas lainnya.
  8. Prana: Mengaktifkan chakra root. Meningkatkan vitalitas dan kepercayaan diri.
  9. Lingga: Meningkatkan panas tubuh dan membantu masalah pernapasan.
  10. Apana: Mendukung pembuangan produk limbah dari tubuh. Menyeimbangkan pikiran. Memperbaiki hati.
  11. Shankh: Digunakan dalam ritual Hindu. Juga membantu menghilangkan masalah tenggorokan.
  12. Surabhi: Membantu dengan rematik dan osteoartritis.
  13. Vayu: Mencegah angin.
  14. Shunyu: Membantu masalah telinga dan pendengaran.
  15. Prithivi: Memperkuat chakra akar. Meningkatkan indra penciuman. Baik untuk rambut, jari, kuku, dan tulang.
  16. Varuna: Menghilangkan kemacetan untuk membantu masalah sinus dan tenggorokan.
  17. Vitarka: Mempromosikan energi mengajar.
  18. Bhudi: Menyeimbangkan cairan. Membantu dengan mata dan mulut kering. Menguatkan ginjal dan kandung kemih.
  19. Apana Vayu: Membantu dengan serangan jantung dan masalah jantung kronis lainnya. Mempromosikan ketenangan.
  20. Back: Membantu masalah punggung, terutama setelah berolahraga.
  21. Kubera: Membantu Anda menemukan hal-hal spesifik dan untuk maju menuju tujuan Anda.
  22. Kundalini: Meningkatkan energi seksual dan memperkuat organ seksual.
  23. Ksepana: Membantu kulit, paru-paru dan usus besar untuk menghilangkan racun dan limbah lainnya. Juga menghilangkan energi yang dikeluarkan.
  24. Rudra: Memperkuat elemen bumi dan organ terkait, termasuk jantung.
  25. Garuda: Memperkuat aliran darah dan sirkulasi untuk memberikan dorongan ke organ vital Anda. Seimbangkan suasana hati.
  26. Suchi: Meredakan sembelit. Membantu menghilangkan ketidaknyamanan, dendam, ketidaksabaran, kekerasan, dan kemelekatan.
  27. Mushti: Membantu Anda menemukan penyebab agresi dan membiarkan kemarahan keluar dengan cara yang sehat.
  28. Matangi: Meningkatkan pernapasan dan meningkatkan energi di ulu hati. Merangsang elemen kayu, yang mewakili awal yang baru. Membantu dengan organ.
  29. Mahasirs: Menghilangkan ketegangan di kepala dan wajah untuk mengurangi sakit kepala, sinus, leher dan sakit punggung.
  30. Hakini: Menyeimbangkan otak kanan dan kiri dan meningkatkan komunikasi di antara keduanya, yang meningkatkan memori dan fungsi kognitif.
  31. Khechari: Menciptakan energi dan membantu menghilangkan kebencian, kemarahan, dan keinginan.
  32. Vajra: Meningkatkan energi dan sirkulasi.
  33. Bhramara: Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu alergi.
  34. Uttarabodhi: Memperkuat elemen logam, yang membantu paru-paru dan usus besar. Menyegarkan pikiran dan tubuh.
  35. Detoksifikasi: Membantu menghilangkan limbah dan racun dan juga menghilangkan pikiran negatif, kebiasaan buruk dan negatif serupa.
  36. Shakti: Membantu bernafas dengan diafragma dan meningkatkan ketenangan batin.
  37. Maha Sacral: Membantu meringankan keluhan perut dan nyeri haid.
  38. Makara: Mengaktifkan energi ginjal dan melawan depresi untuk menciptakan energi positif.
  39. Mukula: Digunakan untuk menyeimbangkan medan listrik tubuh untuk menyembuhkan rasa sakit dan masalah kesehatan.
  40. Joint: Membantu meningkatkan kesehatan sendi, terutama di lutut.
  41. Kalesvara: Mempromosikan ketenangan batin dan keheningan dan mempromosikan sifat-sifat karakter positif.
  42. Shivalinga: Menghentikan kelesuan, depresi dan kelelahan serta meningkatkan energi positif.
  43. Jnana Mudra dan Chin Mudra: Hubungkan individu dengan dewa mereka dan tingkatkan kebijaksanaan.

Mudra Yoga untuk Meditasi pada tiap Chakra

 

1. Mudra Muladhara

Chakra akar adalah fondasi untuk chakra lain, dengan penekanan pada kelangsungan hidup dan landasan.

Mantra: LAM

Satukan kedua telapak tangan dalam doa di hati, kemudian jalin jari kelingking dan jari-jari mereka sehingga terlipat di dalam telapak tangan. Rentangkan jari tengah sehingga ujungnya menyentuh dan kemudian menjalin ibu jari dan jari telunjuk sehingga mereka membentuk cincin di sekitar satu sama lain, dengan ujung jari menyentuh. Langkah opsional: Balikkan mudra ini secara terbalik dan turunkan lengan sedikit, sehingga jari tengah mengarah ke bawah di daerah panggul.

2. Mudra Sacral (Mudra Shakti)

Mudra feminin ini untuk chakra sakral berfungsi untuk memanfaatkan kreatifitas, imajinasi, intuisi, seksualitas dan sensualitas.

Mantra: VAM

Dengan telapak tangan di depan dada, tekan jari kelingking dan jari manis bersamaan. Lipat ibu jari ke telapak tangan, di dalam telunjuk dan jari tengah, kemudian dapat menekan buku-buku jari kedua jari ini bersama-sama atau memisahkannya. Langkah opsional: Turunkan tangan tepat di bawah pusar diatas genital.

3. Mudra Rudra (Solar Plexus)

Mudra ini memunculkan kekuatan Siwa,. untuk kesehatan pencernaan, kekuatan dan kepercayaan diri.

Mantra: RAM

Tempatkan telapak tangan menghadap ke atas di paha. Sentuh ujung ibu jari, jari telunjuk, dan jari manis bersama, luruskan melalui jari kelingking dan jari tengah.

4. Mudra Padma

Mudra yang diilhami oleh teratai ini yang memunculkan kemungkinan-kemungkinan baru dan cinta kasih yang universal, sangat cocok untuk cakra jantung dan kesehatan jantung.

Mantra: YAM

Dengan telapak tangan menempel di jantung, sentuh tepi luar kedua jari kelingking dan jempol bersamaan. Pertahankan tumit telapak tangan ditekan bersamaan saat mekar terbuka melalui tangan.

5. Mudra Granthita

Dapat menggunakan mudra ini di cakra tenggorokan untuk membantu membersihkan kotoran mental dan pemurnian dari zat-zat beracun.

Mantra: HAM

Jalin tiga jari terakhir (tengah, cincin, dan kelingking) bersamaan di dalam tangan. Kaitkan jari telunjuk dan ibu jari untuk membentuk dua cincin dan pegang mudra ini di depan pangkal tenggorokan.

6. Mudra Ajna

Untuk meningkatkan kebijaksanaan dan kekuatan intuisi batin, gunakan mudra ini terpusat jauh kedalam  ke cakra mata ketiga.

Mantra: AUM (OM)

Gunakan tangan kanan tepat di depan ruang di antara alis dan melingkarkan jari manis ke telapak tangan. Bawa ujung ibu jari, jari tengah, dan jari telunjuk untuk disentuh dan jaga agar jari kelingking tetap panjang. Tempatkan ujung tiga jari yang menyentuh titik fokus mata ketiga. Tangan kiri dapat tetap berada di atas paha kiri, telapak tangan menghadap ke atas atau di Gyan mudra.

7. Mudra Sahasrara

Lakukan mudra ini tinggi di atas kepala, dapat membuka gerbang chakra mahkota kesadaran universal, ketuhanan dan transendensi.

Mantra: …. (diam)

Tempatkan ujung jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk disentuh, membentuk bentuk piramida. Biarkan jari yang tersisa memanjang ke atas, jaga agar tetap lurus.


Jelajah praktek dan tehnik Pranayama, Mudra dan Banda Kundalini Yoga telah dimuat secara lengkap dalam buku “Dharsana Keesaan”

Buku Spiritual Darsana Keesaan
Ulasan Lebih Detail Dimuat Pada Buku

"DARSANA KEESAAN"

Detail Buku



Berbagi adalah wujud Karma positif

Berbagi pengetahuan tidak akan membuat kekurangan

Life Sloka