Panduan Hasta Yoga Mudra


Donasi Konten PDF – 12 bulan

Rp 100.000,00
Donasi

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik Disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran.

Mudra adalah istilah bahasa Sansekerta kuno yang berarti “gerakan.” Kita menggunakan mudra dalam yoga untuk menumbuhkan kesadaran yang lebih besar terhadap medan energi tertentu dalam tubuh halus. Mudra Hindu dan yoga telah populer di Timur selama lebih dari 4000 tahun. Tetapi mereka masih relatif tidak dikenal. Dalam panduan ini, akan mengungkapkan sepenuhnya semua yang perlu di ketahui tentang gerakan tangan dan posisi tubuh spiritual dari mudra ini.

Tujuan pada artikel dengan panduan ini adalah untuk menyajikan panduan utama dan daftar mudra tangan (hasta mudra), termasuk mudra Hindu, mudra yoga dan mudra Buddha.

Apa itu mudra?

Mudra yoga yang dilakukan dengan tangan (hasta) sebagian besar digunakan dalam Hatha Yoga. Mudra adalah gerakan simbolik yang melibatkan berbagai bagian tubuh. Misalnya, ada mudra yang melibatkan mata, tubuh, organ pernapasan dan tentu saja ada mudra yang menggunakan tangan dan jari.

Mudra yang berbeda melambangkan kondisi pikiran yang berbeda. Sebagai contoh, mudra Abhaya, yang akan kita lihat nanti, melambangkan keberanian. Mudra Gyan, sementara itu, membawa kedamaian dan ketenangan. Untuk semua kondisi mental ada mudra yang sesuai.

Beberapa mudra, seperti mudra meditasi, melambangkan kondisi pikiran. Tetapi tidak hanya mudra meditasi yang melambangkan kondisi pikiran, mereka juga membantu mengakses kondisi pikiran tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Gerakan Tangan Yoga?

Mudra adalah cara untuk menggunakan posisi tubuh dan sebagian besar posisi tangan untuk penyembuhan. Yoga mudra mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak dan tubuh dengan cara yang mirip dengan refleksiologi. Kita bisa belajar banyak tentang penggunaan mudra yoga dengan mempertimbangkan grafik refleksologi tangan.

refleksi tangan

Ketika kita menggunakan mudra tangan. atau “Hasta”, kita mengaktifkan tangan dan jari memengaruhi bagian tubuh yang berkorelasi, seperti yang ditunjukkan pada bagan di atas.

Namun, beberapa mudra yoga tidak hanya menggunakan tangan tetapi juga bagian tubuh yang lain.Maha-mudra misalnya, adalah mudra seluruh tubuh dilakukan dengan meregangkan tulang belakang dan meraih pegangan dari satu kaki. Mudra dalam yoga yang menggunakan tubuh memanfaatkan psikologi komunikasi nonverbal (bahasa tubuh).

Berkat ilmu pengetahuan kita tahu bahwa cara kita memegang tubuh memiliki efek langsung pada keadaan pikiran kita. Misalnya, ketika kita mencoba melihat ke dalam diri kita untuk memasuki intuisi, kita secara alami akan menggerakkan mata lebih dekat, menjadi semi-silang dan menatap ke atas di antara kedua alis. Kita akan melakukan ini secara alami dan tidak sadar. Tetapi posisi yang persis sama ini, dengan mata sedikit bersilang dan menatap ke atas di antara kedua alis, kebetulan adalah posisi yang sama persis dengan yang digunakan dalam Shambhavi mudra, “Gesture Pengeropokan Alis Mata” yang, bukan karena kebetulan, digunakan untuk wawasan dan intuisi.

Jika kita peka dalam melakukan salah satu dari mudra tangan (ada 60 daftar mudra di bawah) selama beberapa menit, kita akan merasakan perbedaan dalam kondisi mental.

Ini memberitahu kita bahwa mudra adalah gerakan bahasa tubuh yang alami. Karena itu, ketika kita mempraktikkan mudra yoga atau mudra meditasi, kita dengan sengaja menempatkan tubuh kita dalam gerakan yang secara tidak sadar telah kita buat sepanjang hidup kita .

Biasanya, kondisi mental kita mengubah cara kita memegang tubuh. Jika kita bersikap baik dan murah hati, kita akan mengulurkan tangan kita ke atas seolah-olah menawarkan sesuatu. Ini adalah bahasa tubuh yang kita lakukan secara tidak sadar ketika kita merasa baik dan murah hati.

Bagaimana jika kita secara sadar mengangkat tangan dengan telapak tangan ke atas? Kemudian kita akan menghasilkan kondisi mental kebaikan dan kedermawanan.

Pikiran menciptakan mudra. Mudra mempengaruhi pikiran.

Banyak budaya percaya bahwa alam semesta terdiri dari unsur-unsur yang berbeda, misalnya, berbagi unsur universal yang sama, bumi, udara, api, dan air, dan beberapa budaya, seperti Budha dan Hindu, juga mengenali ruang (eter).

Semakin baik kita mengatur elemen-elemen mendasar dalam tubuh, kita akan semakin sehat.

  • Bumi: Bumi, atau Bhumi, merujuk pada hal-hal yang solid, yang mencakup tubuh Anda sendiri.
  • Udara: Udara disebut Pavan dalam bahasa Sansekerta dan berhubungan dengan napas.
  • Api: Api (Agni) memberikan kehangatan dan bisa merujuk pada panas tubuh dan kehangatan yang disediakan oleh nafas.
  • Air: (Jala) adalah salah satu elemen terpenting untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup. Semua cairan dalam tubuh berada di bawah elemen ini.
  • Ruang: (Ether / Aakasha) adalah elemen yang menyatukan yang lain.

Ketika elemen-elemen ini seimbang dan selaras dalam tubuh, kita akan sehat. Dan ketika elemen-elemen ini tidak seimbang kita mungkin menderita penyakit, baik mental maupun fisik.

Mudra tangan berhubungan dengan unsur-unsur ini dengan cara tertentu

  • Mudra yang berhubungan dengan elemen Bumi akan mencakup jari manis
  • Mudra yang berhubungan dengan Air akan mencakup jari telunjuk
  • Mudra yang berhubungan dengan Api akan mencakup ibu jari
  • Mudra yang berhubungan dengan Air akan mencakup jari kelingking
  • Mudra untuk Eter akan menggunakan jari tengah.

Buku Spiritual Darsana Keesaan
Ulasan Lebih Detail Dimuat Pada Buku

"DARSANA KEESAAN"

Detail Buku


Berbagi adalah wujud Karma positif

Berbagi pengetahuan tidak akan membuat kekurangan

Life Sloka