Nadi Ida dan Pingala dalam psikologi modern


Donasi Konten PDF – 12 bulan

Rp 100.000,00
Donasi

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik Disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran.

Teknik yoga memiliki peran untuk memurnikan sirkuit energik yang terkait dengan beberapa fungsi yang tepat.
Sesuai dengan tradisi yoga, ilmu pengetahuan telah menemukan bahwa nadi dari sistem saraf pusat dan otak mengontrol sirkuit halus dari nadi dan chakra.

Jika melalui latihan pranayama seseorang berhasil dalam memurnikan dan menghubungkan kembali sirkuit halus ini, seluruh keberadaan seseorang akan berubah secara mendalam. Efisiensi teknik yoga didasarkan pada fakta bahwa terdapat sistem nadi yang halus ini.

Kompleks tubuh-pikiran “berfungsi” karena tiga jenis energi: energi reseptif, Yin sesuai dengan Ida nadi, Yang, jenis energi aktif, sesuai dengan Pingala nadi, dan energi “netral” yang mengalir melalui Sushumna nadi.

Studi ilmiah telah mengungkapkan fakta bahwa otak kiri biasanya mengontrol fungsi logika, analisis, bicara, dan temporal, sedangkan sisi kanan memiliki fungsi intuitif, sensitif, spasial dan Sisi holistik, yang tidak menggunakan jenis pengetahuan yang linier, meskipun cara memperoleh jenis pengetahuan ini tetap menjadi misteri.

Thomas Hoover, seorang peneliti yang membandingkan penemuan terbaru dalam neurologi dan istilah Zen Jepang, telah mensintesis hubungan ini dengan cara yang sangat sugestif:

belahan bumi yang mengetahui, tidak berbicara, dan belahan bumi yang berbicara tidak mengetahui

Meskipun kedua belahan bekerja secara terintegrasi, cara fungsionalnya telah ditentukan menurut serangkaian kata kunci: Belahan kiri ( dikoordinasikan pada tingkat halus oleh Pingala nadi) dan belahan kanan ( dikoordinasikan pada tingkat halus oleh Ida nadi).

 

Belahan kiri Belahan kanan
Analisis Pemahaman
Sebagian Menyeluruh
Eksplisit Implisit
Argumen Pengalaman
Intelek Intuisi
Logika Emosi
Pikir Perasaan
Matematika Puisi
Aktif Pasif
Tenaga surya Lunar
Rasional Mistik
Objektif Subyektif
Sadar Alam bawah sadar
Optimisme Pesimisme

 

Ahli saraf Marcel Kinsbourne, direktur Departemen Neurologi Perilaku dari Eunice Kennedy Shriver Center of Waltham, Massachusetts membuktikan bahwa ada dua jenis aktivitas emosional yang merupakan ciri khas fungsi otak.
Dia menemukan bahwa dua bagian otak mengontrol keadaan emosi yang sangat berbeda. Jadi, belahan kiri bertanggung jawab terutama atas kebahagiaan dan perasaan positif, sedangkan belahan kanan mengontrol kesedihan, nostalgia, dan melankoli.

Namun, ada keadaan pikiran yang tidak normal, di mana orang dengan aktivitas yang tidak seimbang dan tidak peduli dengan situasi mereka, atau dalam kasus lain, mereka memiliki pandangan hidup yang suram, mereka penuh dengan amarah, rasa bersalah atau putus asa.
Kebanyakan orang berfluktuasi di antara dua kondisi ini, bahkan dalam situasi normal, tetapi tanpa mencapai titik ekstrem yang ditunjukkan oleh subjek yang otaknya terpengaruh.
Namun, pengalaman sendiri dari fluktuasi yang disebutkan di atas sudah cukup melelahkan jika kita tidak seimbang dan sehat.

Menurut salah satu teori Kinsbourne, asosiasi belahan kiri dengan pikiran optimis ceria dan belahan kanan dengan pikiran sedih, pesimis membawa kita pada kesimpulan bahwa tindakan dualistik otak ini disusun untuk mengontrol preferensi Pingala nadi dan Ida nadi.

Belahan kiri mengkoordinasikan hal-hal yang kita sukai, dan pertama-tama berfokus pada objek atau situasi yang menjadi penyebabnya – ini sesuai dengan pola aktif Pingala nadi.
Sebagai gantinya, kita mencoba untuk menghindari atau keluar dari situasi yang tidak dapat kita kendalikan atau yang tidak kita sukai, situasi di mana kita memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan gambaran secara keseluruhan, tanpa memusatkan perhatian pada hal yang tidak menyenangkan itu sendiri. Fungsi ini berada di bawah kendali belahan kanan dan sesuai dengan cara penerimaan, introvert dalam memandang sesuatu, semua karakteristik dari Ida nadi.


Buku Spiritual Darsana Keesaan
Ulasan Lebih Detail Dimuat Pada Buku

"DARSANA KEESAAN"

Detail Buku


Berbagi adalah wujud Karma positif

Berbagi pengetahuan tidak akan membuat kekurangan

Life Sloka