Kupu-kupu


Suatu ketika, seorang menemukan seekor kupu-kupu yang mulai menetas dari kepompongnya. Dia duduk dan mengamati kupu-kupu selama berjam-jam saat kupu-kupu itu berjuang untuk memaksakan diri keluar melalui lubang kecil pada kepompongnya, namun tampaknya belum berhasil.

Kemudian orang itu memutuskan untuk membantu kupu-kupu untuk keluar. Dia mengambil gunting dan memotong kepompong yang tersisa. Kupu-kupu kemudian keluar dengan mudah, meskipun memiliki tubuh bengkak dan sayap kecil yang layu.

Lelaki itu tidak tahu apa yang telah dilakukannya, dan dia duduk di sana menunggu sayap kupu-kupu membesar untuk menopang dirinya bisa terbang. Namun, hal itu tidak pernah terjadi.

Kupu-kupu itu menghabiskan sisa hidupnya tidak bisa terbang, merangkak dengan sayap kecil dan tubuh bengkak.

Meskipun pria itu baik hati, dia tidak mengerti bahwa kepompong yang membatasi dirinya dalam perjuangan yang diperlukan oleh kupu-kupu untuk menembus lubang kecil adalah cara Tuhan untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke sayapnya untuk mempersiapkan diri agar dapat terbang bebas.

Pesan Moral :

Perjuangan kita dalam kehidupan membantu mengembangkan kekuatan kita.

Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri,

dan tidak bergantung pada bantuan orang lain sepanjang waktu.



Berbagi adalah wujud Karma positif

Berbagi pengetahuan tidak akan membuat kekurangan